Rabu, 24 Februari 2010

pengaruh keluarga,rumah tangga dan situasi yang menjadi dasar dari perilaku konsumen

Perilaku konsumen (customer behaviour) memberikan wawasan dan pengetahuan tentang apa yang menjadi kebutuhan dasar konsumen, mengapa mereka membeli, dimana konsumen itu suka berbelanja, siapa yang berperan dalam pembelian, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang.
Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan proses pengambilan keputusannya dalam pembelian suatu barang misalnya keluarga,rumah tangga dan situasi kapan barang tersebut benar-benar dibutuhkan.

Keluarga
Para anggota keluarga dapat mempengaruhi dengan kuat dalam perilaku membeli. Mengapa demikian, pertama adalah keluarga sebagai sumber orientasi yang terdiri dari keluarga. Kedua adalah keluarga sebagai sumber keturunan. Jadi keluarga ada hubungannya dalam mempengaruhi prilaku konsumen.
Rumah tangga
Rumah tangga adalah semua orang, baik yang memiliki hubungan maupun tidak berhubungan yang menempati sebuah rumah. Pengaruh rumah tangga dapat mempengaruhi sikap pembelian konsumen. Misalnya kelahiran anak mempengaruhi seseorang untuk menambah perabotan, bahan makanan bayi, dan lain-lain.
Situasi
Situasi ekonomi seseorang pun dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Situasi ekonomi seseorang terdiri dari pendapatan yang dapat dibelanjakan untuk memenuhi semua kebutuhannya. Jika situasinya kurang tepat maka ia akan menahan diri untuk membelinya.

Keimpulannya baik di dalam keluarga, rumah tangga, maupun situasi dapat mendasari perilaku konsumen seseorang untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar